17 Manfaat Daun Bidara Untuk Kesehatan






Bidara merupakan tumbuhan yan bisa hidup dalam keadaan suhu yang ekstrim dan mampu hidup dalam lingkungan yang memiliki suhu kering. Tanaman bidara hanya terdapat dibeberapa wilayah saja, tidak semua wilayah ditumbuhi tanaman bidara. Bidara merupakan perdu yang tinggi tanamannya hanya beberapa senti.

Klasifikasi dan Kandungan Daun Bidara
Klasifikasi tanaman bidara yaitu sebagai berikut :
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Solanales
Famili: Convolvulaceae
Genus: Merremia
Spesies: Merremia mammosa Chois.
Tanaman yang memiliki nama latin Merremia mammosa Chois atau yang biasa disebut sebagai bidara memiliki nama lain di setiap daerah di Indonesia, dalam Bahas Sunda dan Jawa bidara biasa disebut sebagai ” widara (dara)”, dalam Bahasa Madura disebut “bekul”, dalam Bahasa Sumba disebut “kalangga”, dalam Bahasa Alor disebut “bedara”, dan dalam Bahasa Bima disebut “rangga”. Tanaman bidara memilik kandungan nutrisi dan zat yang baik bagi kesehatan tubuh. Kandungan yang terdapat dalam tanaman bidara antara lain antioksidan, flavonoid, alkaloid, dan masih banyak lagi. Berikut merupakan 17 manfaat daun bidara untuk kesehatan :

1. Daun Bidara Untuk Ruqyah Pengobatan Islam
Daun bidara memilik manfaat untuk pengobatan dengan metode islam yang berdasarkan pada Al-Qura’an. Daun bidara dipercaya dapat menyembuhkan dan mengobati adanya gangguan yang berasal dari ilmu hitam, jin maupun sihir yang dilaknat dalam Al-Qur’an.
Di dalam kitab suci Al-Qur’an tanaman bidara di tulis dan disebutkan memiliki manfaat untuk pengobatan penyakit seperti yang disebutkan dalam beberapa surat dalam QS.34. Saba’:16), (QS.56. Al-Waqiah:28), (QS.53. An-Najm: 13-16), dalam islam biasanya daun bidara disarankan digunakan untuk campuran air mandi pada saat wanita telah suci dari haid, kemudian dapat digunakan untuk memandikan mayat untuk menghilangkan najis dan kotoran pada mayat.
Daun bidara juga digunakan untuk ruqyah atau pengobatan bagi seseorang yang mengalami kesurupan. Selain dalam kitab suci Al-Qur’an dalam hadits juga dianjurkan menggunakan daun bidara sebagai salah satu bahan untuk pengobatan. Daun bidara dapat disedu dengan air hangat, dapat pula ditumbuk dan dihaluskan kemudian dibubuhkan pada luka atau penyakit yang diderita.

2. Daun Bidara Untuk Sistem Imun
Jika kondisi tubuh sedang lemah karena banyak aktvitas yang dijalani makan minum suplemen adalah salah satu hal yang wajib. Saat tubuh lemah menandaka bahwa sistem kekebalan tubuh menurun. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa hal. Minum ekstrak daun bidara dipecaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Daun Bidara Untuk Lambung
Daun bidara dipercaya memiliki banyak khasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit. Bidara memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang banyak. Salah satunya adalah serat yang dapat melancarkan pencernaan sehingga akan terhindar dari berbagai macam penyakit lambung.

4. Daun Bidara Untuk Kanker
Daun bidara dipercaya memiliki khasiat untuk mencegah terjadinya kanker. Daun bidara melindungi sel sel dan jaringan tubuh yanga lemah agar tidak dimasuki oleh kuman, virus, dan bakteri. Oleh karena itu daun bidara sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh

5. Daun Bidara Untuk Kardiovaskuler
Konsumsi ekstrak bidara dapat memperlancar peredaran darah. Darah yang mengalir dengan lancar akan membantu kesehatan dalam tubuh kita. Daun bidara juga membantu mengatur aliran darah agar tidak terlalu tinggi atau rendah.

6. Daun Bidara Untuk Sel
Daun bidara berfungsi untuk membantu meregenerasi sel. Hal ini dapat membuatu sel selalu sehat sehingga dapat menghasilkan seluruh sel dengan kualitas baik. Dengan sel yang sehat juga dapat mencegah terjadinya penuaan dini dalam tubuh.

7. Daun BidaraUntuk Keputihan pada Wanita
Keputihan seringkali dialami oleh wanita baik remaja, dewasa, atau bahkan tua. Bagi wanita keputihan merupakan sebuah gangguan yang terdapat dalam organ reproduksi. Oleh karena itu wanita biasanya menggunakan daun sirih untuk mengurangi keputihan. Selain itu bidara memiliki fungsi dan khasiat untuk menghilangkan keputihan dan menjaga kesehatan organ reproduksi wanita.

8. Daun Bidara Untuk Haid
Jika yang dijelaskan tadi mengenai daun bidara untuk keputihan. Maka yang ini adalah untuk memperlancar haid. Untuk memperlancar haid gunakan daun bidara menjadi ekstrak kemudian minum secara rutin. Dengan itu dipercaya dapat memperlancar haid pada setiap bulannya.

9. Daun Bidara Untuk Wasir
Banyak sekali manfaat dan kegunaan daun bidara, salah satunya untuk mengobati wasir atau yang biasa dikenal ambeien. Penyakit ini merupakan pembengkakan otot pada anus yang menyebabkan peradangan hingga pendarahan. Minum ekstrak daun bidara atau membubukkan daun bidara yang sudah halus pada anus dapat mengurangi bahkan menyembuhkan wasir.


10. Daun Bidara Untuk Kulit
Kandungan yang terdapat dalam daun bidara dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Dengan mengkonsumsi ekstrak daun bidara dipercaya dapat membuat kulit menjadi lembab sehingga terhindar dari kulit kering.

11. Daun Bidara Untuk Diabetes
Daun bidara juga dipercaya dapat mengobati penyakit diabetes meskipun belum diteliti dapat menyembuhkan total. Daun bidara mampu menetralkan kadar gula dalam tubuh sehingga gula darah dapat stabil. Untuk yang bukan penderita diabetes daun bidara dapat mencegah terjadinya diabetes dalam diri seseorang.

12. Daun Bidara Untuk Luka Bakar
Daun bidara memiliki fungsi untuk membantu penyembuhan luka. Daun bidara dipercaya dapat mempercepat pengeringan luka bakar. Cara menggungakan daun bidara untuk mengobati luka bakar adalah dengan cara menumbuk halus daun bidara kemudian bubuhkan pada luka bakar yang anda derita.

13. Daun Bidara Untuk Pengobatan Luka
Daun bidara memiliki fungsi untuk membantu penyembuhan luka. Daun bidara dipercaya dapat mempercepat pengeringan luka apa saja. Cara menggungakan daun bidara untuk mengobati luka adalah dengan cara menumbuk halus daun bidara kemudian bubuhkan daun bidara yang sudah halus pada luka yang anda derita.

14. Daun Bidara Untuk Demam
Untuk mengobati demam dengan menggunakan daun bidara adalah dengan membuat ekstrak daun bidara kemudian diminum. Takarannya adalah satu sendok makan setelah makan 3 kali sehari. Ekstrak daun bidara dipercaya dapat menurunkan demam.

15. Daun Bidara Untuk Mata
Ekstrak daun bidara juga baik untuk melindungi mata. Dengan meminun ekstrak daun bidara dapat membantu menyehatkan mata. Sehingga mata akan terhindar dari berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah mata panda atau lingkaran hitam pada mata, mata minus, silinder atau bahkan yang lain.

16. Daun Bidara Untuk Rambut
Daun bidara yang dihaluskan juga dapat digunakan untuk merawat kesehatan rambut. Dengan membubuhkan daun bidaran yang sudah dihaluskan ke rambut seperti memakai masker rambut. Dengan begitu rambut akan lebih sehat dan berkilau kemudian warna rambut akan lebh pekat dari semula.

17. Daun Bidara Untuk Jerawat
Daun bidara dapat digunakan untuk masker di wajah. Hal ini dapat membantu untuk menyehatkan kulit wajah sekaligus membantu menghilangkan jerawat diwajah. Dengan masker daun bidara akan membuat kulit wajah anda segar dan tanpa jerawat.


Banyak sekali manfaat yang terdapat dalam daun bidara. Tetapi keberadaan daun bidara sedikit sulit untuk dicari karena tidak disemua daerah tumbuh daun bidara. Semoga daerah anda termasuk dalah satu daerah yang ditumbuhi tanaman bidara sehingga dapat memanfaatkan untuk membantu penyembuhan penyakit yang anda derita.

Salam sehat sejahtera

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CIRI CIRI BIDARA ARAB SIDR ASLI

CARA PENYAJIAN DAUN BIDARA ARAB

HADIST YANG MENERANGKAN TENTANG CONTOH NABI MEMERINTAHKAN MEMANDIKAN MAYAT DENGAN DAUN BIDARA